Tips Komunikasi Efektif Materi Pengembangan Pribadi

Tips Komunikasi Efektif Materi Pengembangan Pribadi -  uaah, sebentar lagi UAS nih (Ujian Akhir Smester) itu berarti banyak sekali tugas menumpuk yang dengan terpaksa harus dikerjakan demi sebuah keterangan yaitu "LULUS" salah satu tugas dari sekian banyak tugas yang akan di garap yaitu membuat majalah dengan tema Komunikasi Efektif. setelah browsing di beberapa blog akhirnya ketemu juga, berikut adalah materinya


Komunikasi Efektif

Pengertian
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar komunikan (penerima pesan) memahami dan mengerti mengenai pesan yang disampaikan oleh komunikator (pemberi pesan), bukti dari pemahaman tersebut berupa umpan balik sesuai dengan yang dipahami oleh komunikan, dapat berupa sikap dan perilaku dari komunikan.
Contoh:
Anda diminta untuk menjelaskan kepada rekan Anda, bahwa pimpinan meminta rekan Anda untuk mencarikan data perusahaan yang diperlukan. Jika rekan Anda memberikan apa yang Anda maksudkan, berarti komunikasi yang berlangsung dapat disebut efektif, karena dapat langsung dipahami oleh penerima pesan.
Bentuk Komunikasi 
1. Komunikasi Verbal
adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.
Contoh :
Komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media komunikasi, 
contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. 
 
Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.
2. Komunikasi Non Verbal
adalah komunikasi yang disampaikan tidak menggunakan kata atau kalimat tetapi menggunakan isyarat dan simbol melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata, busana, ataupun melalui cara berbicara; penekanan suara, gaya berbicara, kualitas suara, intonasi, dan emosi. 


Komponen Komunikasi
  1. Sumber (Resource); asal informasi/pesan yang disampaikan
  2. Komunikator; orang yang menyampaikan pesan
  3. Komunikan; orang yang menerima pesan
  4. Pesan; informasi yang disampaikan
  5. Saluran (Channel); media yang digunakan untuk menyampaikan/menerima pesan
  6. Umpan balik; respon yang dihasilkan dari proses komunikasi


Hambatan Komunikasi
1. Hambatan Teknis
  • Jarak yang terbentang antara komunikator dengan komunikan; tempat, posisi
  • Media yang digunakan 
  • Teknologi yang dimanfaatkan
 2. Hambatan Semantik
  • Pengucapan yang tidak jelas
  • Tata bahasa yang tidak teratur
  • Perbedaan persepsi dalam mengartikan pesan yang dimaksud
 3. Hambatan Kepribadian
  • Kondisi fisik ; normal atau cacat
  • Kondisi emosi; senang, kesal, marah, atau sedih 
  • Jenis karakter
  • Kondisi intelektualitas
  • Kondisi sosial dan budaya
 

Kekuatan Komunikasi
  • Penampilan
  • Kontak Mata
  • Ekspresi Wajah
  • Ekspresi Suara
  • Bahasa Tubuh
  • Gaya Tulisan 

Jenis-Jenis Komunikasi
1. Komunikasi Langsung 
adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga

Contoh:
  • Berbicara efektif
  • Public speaking
2. Komunikasi Tak Langsung
adalah komunikasi yang disampaikan dengan menggunakan pihak ketiga atau media perantara
Contoh: 
Surat, Pamflet, Brosur, Banner, dll.
 
 
sumber : http://tienyuliantiramli.blogspot.com/