Yang perlu diperhatikan jika anda seorang guru






Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, guru merupakan pekerjaan yang mulia. saat ini yang ada dalam fikiran saya adalah bagaimana cara menjadi guru yang baik dari segi penilaian kepada muridnya. Kebetulan saya masih sekolah, dan faham akan penilaian-penilaian yang menurut saya kurang menghargai keberanian atau mental murid dan sayapun melakukan pengamatan, setelah semuanya saya amati saya mempunyai jurus tandur / cara memberikan nilai kepada murid


Memberikan nilai kepada murid tidak hanya dari ulangan harian, dan soal-soal. Menurut pengalaman saya ni, memberikan nilai dengan cara seperti itu saja akan sedikit mengecewakan siswa yang aktif dikelas, dalam arti aktif maju kedepan mengerjakan soal di papan tulis, aktif menjawab pertanyaan dari guru. Menurut saya siswa yang aktif seperti itu harus mendapat nilai tambahan, selain mempermudah dalam proses penilaian hal ini juga mampu mendongkrak semangat / keaktifan siswa-siswa lainnya guna mendapatkan nilai yang baik.

Hargailah mental siswa, jika anda memberikan hafalan atau persentasi yang lumayan sulit, berilah siswa nilai tambahan jika ia berani mengacungkan tangannya untuk maju hafalan / persentasi dengan nomer urut pertama. Jika ia berani mengajukan diri untuk persentasi urutan pertama, berarti semalam ia belajar dengan sungguh-sungguh, tetapi bagi siswa yang semalam malas-malasan tidak akan berani mengajukan dirinya untuk maju pertama. Bukankah pantas siswa yang maju pertama tersebut anda beri nilai tambahan ?

Saya hanya berusaha menyampaikan hasil pengamatan saya, semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment