Komputer mini asal Inggris RaspBerry



Komputer mini asal Inggris RaspBerry - semakin maju teknologi, semakin pula berubah ukuran perangkatnya .. dari awal tahun 1822, penemu komputer pertama di dunia Charles Bebeqe yang juga sekaligus menjadi penemu transistor pertama di dunia ini

menciptakan sebuah komputer dengan berat 30 ton.coba anda bayangkan, berapa ukurannya jika berat komputer tersebut mencapai 30 ton ?
seiring berkembangnya jaman, komputer tidak lagi mencapai berat 30 ton. di jaman moderen kini komputer hanya berbobot kurang lebih 4-5 kg saja.
tapi yang lebih mengejutkan kini ada komputer yang berbentuk seperti layaknya kartu kredit dan hanya memiliki berat 45 gram saja. komputer ini di sebut RaspBerry. penasaran kan ? berikut akan ngeblog-positif jelaskan Seputar komputer mini RaspBerry.

Komputer mini asal Inggris RaspBerry



Sebuah inovasi baru telah dilakukan oleh yayasan non profit Rapsberry Pi Fondation asal Inggris dengan menciptakan sebuah komputer mungil seukuran kartu kredit yang diberi nama sesuai dengan nama yayasan pembuatnya, Rapsberry Pi.
Komputer dengan berat hanya 45 gram yang menarik perhatian banyak orang ini menggunakan open source Linux sebagai sistem operasinya. Pengguna dapat langsung menghubungkan Rapsberry Pi ke monitor ataupun televisi, lalu menyambungkannya dengan mouse dan keyboard dengan menggunakan Bluetooth.
Konsep awal dari komputer mungil ini dibuat pada tahun 2006 yang bertempat di Atmel ATmega664 Microcontroller. Eben Upton, sebagai pemimpin yayasan Rapsberry Pi mengatakan bahwa sudah enam tahun proses pengembangan dan pembuatan, sebuah waktu yang cukup lama untuk menghasilkan hal yang besar.
Rapsberry Pi dibuat dalam 2 tipe, tipe A seharga $25 dan tipe B seharga $35. Kedua tipe ini sama – sama menggunakan prosesor ARM11 700MHz dan RAM sebesar 256MB. Yang membedakannya adalah Tipe B dilengkapi juga dengan port Ethernet dan dua buah port USB.
Sistem pada chipnya menggunakan Broadcom BCM2835, dengan floating point dan videocore 4 GPU, mampu memutarkan video dengan kualitas Blueray. Menggunakan H.264 40MBits/s. kemampuan grafiknya setingkat dengan Xbox keluaran pertama. Secara keseluruhan performanya setara dengan Pentium 2.300MHz, bahkan dengan tampilan grafik yang jauh lebih baik.
Tujuan awal dibuatnya produk adalah sebagai solusi bagi dunia pendidikan yang tertarik untuk melakukan materi dan melakukan pengembangan dalam hal teknologi komputer khususnya dunia pemrograman dengan biaya yang cukup murah untuk para siswanya.
Untuk sekarang ini produksi Raspberry dilakukan di luar Inggris sehubungan dengan dua distributornya Premier Farnell dan RS Component agar volume produksinya dapat tumbuh lebih cepat karena banyaknya permintaan dari pasar. Karena sebelumnya website dari salah satu distributornya Premier Farnell megalami overload karena begitu padatnya traffic pengunjung yang datang.
Secara singkat ini adalah komputer kecil yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin menggunakan dengan berbagai kebutuhan komputer dasar (email, web browsing, foto, video) dan sangat menghemat energi dan uang
Sumber : http://www.oktomagazine.com/oktogadget/laptop_tablet/1591/komputer.mini.bernama.raspberry.pi